Wisata Goa Gajah

I  . PAKET TOUR BALI < klik >
II. PROFIL OBYEK WISATA BALI
( Silahkan klik nama - nama di bawah ini )
Tanah Lot Uluwatu - Taman Ayun - Alas Kedaton - Tegal Lalang - Sangeh - Pura Tirta Empul - Desa Batuan - Bedugul - Taman Ujung Puri Saren - Kintamani - Tirta Gangga - Air Terjun Git Git - Batu Karu Goa Gajah - Goa Lawah - Pura Rambut Siwi - Gunung Kawi - Jati luwih - GWK - Pura Besakih - Pura Jagatnatha - Pupuan Rice - Bukit  Jambul - Desa Mas - Kerajinan Emas/Perak - Kerajinan Batik Pura Batuan Pantai Kuta - Pantai Soka - Pantai Lovina - Pantai Medewi - Pantai Dreamland - Pantai Blo Lagoon - Jimbaran Bay - Pantai Padang Padang - Pasar Seni Ubud - Pasar Badung - Pasar Candi Kuning - Museum Bali - Museum Subak - Kebun Kopi - Danau Tamblingan - Taman Nasional Bali Barat - Monumen Bajra Sandhi - Air Panas Banjar - Kebun Raya - Pantai Pandawa  - Ubud Monkey Forest - Desa Penglipuran.


GOA GAJAH

Goa Gajah dibangun pada abad ke-11  Masehi , pada saat Raja Sri Astasura Ratna Bumi Banten berkuasa. Goa ini dijadikan sebagai tempat pertapaan, yang dibuktikan dengan adanya ceruk-ceruk di dalam goa. Selain itu di sekitar goa juga terdapat kolam pertitaan dengan tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci. Total patung ada tujuh, tetapi ketika saya kesana jumlahnya tinggal enam saja, satu patung menurut petugas dipindahkan ke lokasi lain, akibat gempa beberapa tahun yang lalu. Enam patung ini merupakan symbol dari tujuh sungai suci di India, yang merupakan tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.
Pura ini memiliki banyak peninggalan purbakala. Karena itu pura ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun domestik. Pura ini dapat dibagi menjadi tiga bagian. Ada bangunan-bangunan suci Hindu yang amat tua sekitar abad ke-10 Masehi.
Ada bangunan suci Hindu berupa pelinggih-pelinggih yang dibangun setelah abad tersebut. Sedangkan yang ketiga ada bangunan peninggalan agama Buddha yang diperkirakan oleh para ahli sudah ada sekitar abad ke-8 Masehi sezaman dengan Candi Borobudur di Jawa Tengah.
Di ceruk bagian timur goa terdapat tiga Lingga besar berjejer di atas satu lapik, sedangkan di bagian baratnya terdapat arca Ganesa di goa berbentuk T. Jadinya di bagian hulu atau keluwan goa ada tiga Lingga simbol Siwa atau Sang Hyang Tri Purusa. Sedangkan di bagian teben adalah arca Ganesa yaitu putra Siwa dalam sistem pantheon Hindu. Karena adanya arca Ganesa inilah menurut Miguel Covarrubias goa ini bernama Goa Gajah.
Share On :
* Pilih dan Klik Di Bawah Ini...

LAYANAN TERSEDIA

Booking Travel Murah Kirim Paket Murah Wisata Murah Sewa Mobil Murah Booking Hotel Lainnya
CUSTOMER SERVICE

Layanan Kami Layanan Chatting Layanan Chatting Ketentuan Pemesanan Layanan Chatting Cara Pembayaran
BaDe Trans (Bali Dewata Transport)
Layanan Transportasi Online Tanpa Ribet, Terjamin Keamanan Dan Kenyamanan Dalam Kepentingan Perjalanan Anda.